Cara Meningkatkan Traffic Blog & Mempertahankannya



Cara Meningkatkan Traffic Blog & Mempertahankannya


traffic blogAda banyak artikel yg membahas tentang cara meningkatkan traffic blog / web. Masing-masing memiliki cara yg berbeda-beda mengingat pengalaman masing-masing Blogger/Webmaster juga tidak sama. Nah pada kesempatan ini Buka Rahasia Blogspot akan membagi sedikit insight & pengalaman mengenai usaha menaikkan traffic blog. Pada artikel terdahulu, saya pernah membahas tentang cara meningkatkan jumlah pageview blog. Apakah sama? Tidak. Traffic jauh lebih kompleks dibanding jumlah pageview, meski usaha-usaha  meningkatkannya hampir sama. Traffic blog digunakan sebagai bahan analisis blog/website secara utuh untuk mengetahui banyak hal, dari tingkat pengunjung (visitor), pageview, hingga trends yg sedang berlaku. Traffic adalah tujuan utama dari berbagai usaha yg dilakukan blogger/webmaster. Oleh karena itu, artikel ini akan lumayan panjang :p, meskipun intinya adalah merangkum 10 poin penting usaha meningkatkan traffic blog.


Apakah Traffic Blog/Website Itu?

Traffic blog/website adalah jumlah data yg dikirim/diterima pengunjung dari/ke sebuah blog/website. Traffic itu ditentukan dari jumlah visitor dan jumlah halaman yg dikunjungi. Blog/web menggunakan data ini untuk mengetahui traffic yg datang dan pergi (incoming and outgoing traffic), halaman mana saja yg paling banyak dikunjungi (popular), topik mana saja yg menjadi trend, serta mengetahui tingkat pengunjung serta popularitas blog/web secara keseluruhan. Data ini kemudian digunakan untuk mengevaluasi struktur blog/web, menentukan topik, melihat kelemahan-kelemahan, dsb.

So, traffic blog/web jauh lebih dari sekedar indikator keramaian blog. Apabila kita bisa memanfaatkan data traffic dengan baik, kita dapat memperbaiki banyak hal serta terus meningkatkan traffic tersebut. Salah satu layanan analisis traffic yg paling dikenal tentu saja adalah Alexa. Kita dapat melihat kondisi-kondisi blog/web dalam hal jumlah visitor, reach, pageview, search, demografi pengunjung, search trend, bounce rate, dll. Layanan analisis traffic lain yg lebih complex dan memiliki deep analysis adalah Google Analytics.

Tips Meningkatkan & Mempertahankan Traffic

Cara-cara meningkatkan traffic blog sangat banyak. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Tips yg saya sampaikan berikut memuat cara-cara organik dan (maaf) saya tidak memuat cara-cara super singkat seperti link scheme, traffic exchange, spamming, hingga spam link referrer yg sangat dibenci search engine & pengunjung karena merugikan serta hanya menghasilkan traffic sementara. Di samping itu, saya sendiri belum pernah mempraktekannya. Cara-cara di bawah juga merupakan sebagian dari cara meningkatkan pageview blog.
1. Konten adalah raja, so sebelum befokus pada publikasi serta promosi blog beserta isinya, persiapkan segalanya dengan matang. Isi dengan konten berkualitas serta tidak menipu/membingungkan pengunjung. Beri pengunjung artikel yg berarti. Meskipun sekedar berbagi pengalaman pribadi, jika ada nilai (value) bagi pengunjung, maka dia akan suka serta menengok-nengok artikel lainnya.
2. Pastikan konten unik, original, updated, dan up to date. Konten unik serta original memiliki kesempatan besar mempertahankan pengunjung agar kembali lagi melihat update artikel selanjutnya. Jangan pernah mengisi blog dengan artikel-artikel copas, karena ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan pengunjung terhadap blog dan penulisnya. Updated berarti konten di dalam blog selalu di update, pengunjung menyukai hal-hal baru, apalagi jika mereka telah berlangganan. Sedangkan up to date berarti konten blog masih & terus memiliki kesinambungan dengan masa kini (tidak basi). Simak tips selengkapnya dalamCara Menghadapi Google Fresh (Panda Update).
3. Pelajari trending topic atau topik-topik yg banyak digandrungi pengunjung. Cara paling mudah adalah dengan mengevaluasi blog sendiri, kira-kira artikel mana yg paling banyak dikunjungi. Lihat tema/niche dari artikel tersebut, pelajari, tambah dan kembangkan dalam artikel-artikel lain.
4. Rajin blogwalking memberikan efek terhadap traffic blog. Tetapi ada hal yg perlu diperhatikan. Ketika berkomentar, jangan asal bilang "kunjung balik ya!", atau hanya sekedar meninggalkan url atau link blog saja. Dengan cara itu, efeknya tidak besar, justru hanya akan memberikan dampak buruk bagi kredibilitas blog. Isilah dengan komentar berkualitas sesuai topik, baca artikelnya benar-benar. Sebagai identitas komentator, cukup tinggalkan link blog dengan anchor text nama/identitas jelas pada tempatnya. Buat si pemilik blog tertarik & ingin tahu siapa sobat dan bagaimana blog sobat.
5. Maksimalkan penggunaan social media. Social media kini menjadi sarana promosi terbesar. Perkenalkan blog & konten melalui social media. Share link blog/artikel. Sebagai contoh gunakan fasilitas auto publish artikel ke Facebook. Agar lebih maksimal buat serta perkuat brand blog dengan Facebook PageGoogle+ Page, akun twitter, LinkedIn, Orkut, dll. Aktiflah pada social media tersebut dengan menciptakan komunikasi langsung, tawaran-tawaran, ide/gagasan, berita singkat, dll. Jangan hanya sekedar share link blog/artikel. Simak selengkapnya tips meningkatkan traffic melalui Facebook.
6. Gunakan social media share tools pada blog. Pengunjung yg menyukai artikel blog dapat dengan mudah menemukan tools yg dapat digunakan untuk membagikan konten/blog kesukaan mereka ke social media. Contoh social share widget adalah: Facebook Like Box,Facebook Like ButtonFollow Button, Tweet Button, Google +1 Button, serta widget share buttons lainnya. Konten yg selalu di share memiliki efek signifikan tehadap traffic.
7. Struktur blog sangat berpengaruh dalam meningkatkan pageview. Pengunjung yg melihat tawaran konten lain yg menarik perhatiannya memberikan efek pada peningkatan pageview dan pengurangan bounce rate. Gunakan internal linking & deep linking serta widget yg bersifat navigatif (menu). Simak selengkapnya dalam artikel tips meningkatkan pageview
Buat brand serta kredibilitas blog dan diri sobat. Branding memiliki efek besar bagi pengunjung. Sebuah brand yg terlihat unik akan menimbulkan kesan & terpatri dalam ingatan pengunjung meskipun mereka tidak secara sengaja merekamnya dalam memori. Salah satu upaya branding adalah membuat visual image blog dengan logo. Jadi, buatlahlogo blog yg unik supaya pengunjung dapat mengenalinya sebagai blog sobat ketika melihatnya. Buat identitas unik lainnya, misalnya gaya berbicara dalam artikel, ide-ide unik, insight, dll. Yang kedua, kredibilitas baik akan membuat pengunjung terkesan. Tampillah sebagai diri sobat & sebagai pemilik blog yg credible. Jangan bersembunyi. Meskipun sobat menggunakan nama samaran, setidaknya tunjukkanlah sobat ada sebagai pemilik blog. Tuliskan "about me" sebagai informasi mengenai diri sobat. Kepercayaan sangat penting bagi pengunjung.
9. Sebar luaskan artikel blog melalui situs social bookmark serta promosikan blog melaluidirektori blog. Keduanya bukan hanya sebagai media link building dalam SEO saja. Maksimalkan sebagai sarana promosi artikel & Blog. Buat judul  serta deskripsi yg jelas serta menarik.
10. Ujung tombak traffic yg maksimal adalah mudahnya blog serta konten ditemukan di search engine. Seperti kita tahu, search engine (khususnya Google) adalah sumber traffic terbesar sehingga kita tidak dapat mengabaikannya begitu saja. Itulah mengapa webmaster/blogger berbondong-bondong berlomba meningkatkan SEO bagi blog/web mereka. Lakukan usaha SEO yg maksimal. Pelajari cara meningkatkan SEO serta tips SEOlainnya.


Poin penting dari 10 tips di atas adalah usaha yg terus-menerus & tidak berhenti. Seperti halnya SEO, me-manage & me-maintain blog adalah kegiatan seorang blogger yg dilakukan secara rutin. Jika dilakukan secara denmikian, niscaya traffic blog dapat meningkat & dipertahankan. Blog kemudian dengan sendirinya dapat eksis di dunia maya dalam jangka waktu lama.


Good luck and have a nice blogging, dudes!


Sumber : http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/12/cara-meningkatkan-traffic-blogweb.html

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar